Carrot Cake Yang Moist dan Super Enak






Harus nya ditulis Keik Wortel ya, kan harus berbahasa Indonesia yang baik dan benar ^-^ Masalahnya sayapun suka bingung (walau sebentar) membaca tulisan keik, yaitu olahan panganan yang terbuat dari gula, tepung, telur, mentega dan dipanggang dalam oven. Setidaknya itulah yang tertulis di Wikipedia.

Ide membuat keik wortel terlontar karena bukankah pangan lokal dikenalkan pada anak-anak kita? Jadi jika dicampur sayur maka dua-tiga pulau terlampaui. Disadari atau tidak oleh sang anak, dia telah mengonsumsi sayur. Ada baiknya sih jika dia tahu, karena itu biasanya anak-anak turut larut dalam kegiatan.

Resep Carrot Cake atau keik wortel ini saya ambil dari justtryandtaste.com, blog yang bagus banget. Ditulis dengan rinci step demi step dan dijelaskan juga mengapa dia memilih bahan ini, mengapa tidak bahan yang lain. Termasuk tips agar sukses membuat kue tentunya.

Dan seperti biasa juga, bahan tepung terigu diganti tepung ganyong. Agak deg-degan juga, karena selain pisang, kami belum pernah membuat kue dengan campuran sayuran.  Ini dia resepnya:

 Bahan:
- 4 butir telur
- 295 ml margarine/butter di cairkan (resep asli 295 ml minyak sayur)
-100 gram cream cheese (dihilangkan karena ngga ada stock)
- 150 gram gula palem (resep asli tidak ada)
- 150 gram gula pasir (resep asli menggunakan gula pasir sebanyak 400 gram)
- 2 sendok teh vanilla ekstrak
- 250 gram tepung ganyong
- 1 sendok teh baking soda
- 1 sendok teh baking powder double acting
- 1/2 sendok teh garam
- 2 sendok teh kayu manis bubuk (diskip karena ngga ada stock)
- 330 gram wortel diparut atau proses dengan food processor. Hasilnya wortel tidak terlalu lembut dan lebih memberikan tekstur pada cake.
- 110 gram kacang mete di cincang kasar (diganti kismis)

Cara Membuat:

  1. Panaskan oven di suhu 175’ C, api atas bawah. Siapkan loyang, kami menggunakan loyang bulat dengan lubang di tengah diameter 23 cm (resep asli menggunakan loyang segiempat ukuran 9 x 13 inci). Olesi mentega dan tepung hingga rata. Sisihkan.
  2. Di mangkuk besar campur bahan kering (tepung, baking powder, garam, kayu manis bubuk) hingga rata. Sisihkan. 
  3. Di mangkuk mixer, kocok cream cheese hingga lembut, masukkan telur, mentega cair, gula dan vanila, terus kocok dengan menggunakan mixer kecepatan rendah hingga lembut.   Masukkan bahan kering (campuran tepung). Matikan mixer, aduk adonan dengan spatula perlahan hingga adonan tercampur rata. 
  4. Masukkan wortel parut dan kacang pecan. Kemudian tuang adonan ke dalam loyang yang telah disiapkan.
  5. Panggang dalam oven yang telah dipanaskan sebelumnya selama minimal 50 menit atau hingga adonan tidak menempel bila lidi kita tusukkan di tengah-tengah adonan.
  6. Biarkan dingin selama 10 menit. Keluarkan dari loyang dan biarkan dingin sempurna di rak kawat.


Cake siap disantap.


Taraaaa…… 50 menit kemudian kue mengembang sempurna, bahagia rasanya. Tanpa menunggu dingin, kue langsung dipotong dan dicicipi , hmmmm…… lembut banget, rasanya pingin lagi dan lagi. Tak heran Nila lahap menyantap keik wortel ini,........... (hebat)



walau ibu Aisyah dan ibu Sinta menyarankan agar gula ditambah (hmmm..... menurut saya sih ini ukuran yang pas, tapi soal selera ya? ^_^  .... dan sepulang dari komunitas, saya search ternyata resep carrot cake buanyak banget. Ibu rumah tangga di bumi Indonesia yang kaya raya ini ternyata kurang akrab dengan kue/panganan bercampur sayur.

Minggu depan, kami akan membuat nugget sayuran, agar para ibu bisa menyajikan makanan sehat yang disukai putra/putinya. Semoga  ^-^


Comments

  1. Halo Blogger / Admin :)

    Saya sangat suka dengan postingan foto-fotonya :)
    Perkenalkan, saya Dewi dari tim kumpulbagi. saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi foto-foto,video,menggunakan hosting yang lain dengan tujuan promosi ? :)
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

    Oh ya, di sana anda bisa dengan bebas mendowload foto-foto,video dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    Terima kasih.


    Salam.
    dewi

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Perkedel Singkong Yang Yummyyyy........